Menangani Perilaku Negatif, Membangun Perilaku Positif (1)

menangani-perilaku-negatif-membangun-perilaku-positif-1Ketika anak menunjukkan perilaku yang tidak diinginkan, sangatlah wajar bila orangtua menginginkan perubahan sesegera mungkin. Namun sebelum masuk ke dalam solusi, tentunya akan bijak bila orangtua berusaha memahami konteks dan akar dari perilaku tersebut, agar perubahan yang dihasilkan tidak bersifat temporer melainkan bersifat permanen dan berjangka panjang.

 

Terkait konteks perilaku, berikut beberapa hal yang perlu diketahui orangtua agar memiliki ekspektasi yang realistis, terutama pada anak balita :

 

  1. Dari segi tahap perkembangan balita belum memiliki kemampuan penuh untuk mengontrol diri, ia mengeksplor dunia sekitarnya sangat terkait dengan indra & pengalaman langsung, terutama dengan tangan, masih sulit berdiam diri & berkonsentrasi terhadap satu hal untuk rentang waktu lebih dari 15 menit.
  2. Belum memahami apa yang dikatakan orangtua bila kata yang digunakan bersifat abstrak, seperti kata tanggung jawab, konsisten, dan sejenisnya.
  3. Belum mengetahui apakah kata tersebut berkonotasi positif atau negatif, hal tersebut perlu diajarkan kepada anak.

 

Bila ekspektasi sudah realistis, berikutnya orangtua perlu meninjau kepercayaan diri anak karena rasa percaya diri yang rendah seringkali menjadi akar dari masalah akademik maupun perilaku negatif, seperti ingin dipuji, pemalu, sulit menerima masukan, sulit memutuskan, berusaha mendominasi ataupun mem-bully anak lain. Untuk itu orangtua perlu membangun lingkungan yang hangat, mendukung serta menghargai anak apa adanya secara konsisten.

 

Namun bila ekpektasi pada anak sudah realistis dan sudah berusaha cukup lama untuk membangun rasa percaya diri dan perilaku positif pada anak, tapi perilaku negatif anak masih bertahan maka orangtua perlu melakukan observasi karena kepribadian setiap anak unik dan mereka belajar dan berkembang dengan cara dan kecepatan yang berbeda satu sama lain maka perlu disesuaikan dengan konteks masing-masing anak : apa yang disukai anak, bagaimana reaksinya pada situasi atau stimulus tertentu, dan sebagainya.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *