Memahami Game Elektronik & Daya Tariknya

Game elektronik merupakan suatu bentuk permainan yang sangat populer di masa ini karena dapat dengan mudah dimainkan. Tidak hanya anak, orang dewasa pun tidak sedikit yang senang bermain game sebagai salah satu sarana hiburannya. Fenomena tersebut tidaklah mengherankan karena para pencipta game elektronik bekerja sangat keras agar berbagai game yang dihasilkan tidak hanya mudah dimainkan, tetapi juga menyenangkan.

Penelitian bahkan telah menemukan bahwa pikiran dan perasaan yang dialami anak saat bermain game elektronik, dapat memicu tubuhnya untuk memproduksi berbagai zat kimia yang terkait, seperti bila pikiran atau perasaan tersebut muncul di dalam pengalaman kehidupan nyata. Sehingga game elektronik dapat dimanfaatkan secara positif sebagai salah satu sumber pemenuhan kebutuhan anak akan perasaan berhasil. Namun di sisi lain, bila kondisi ini tidak terkontrol, tentunya dapat mengakibatkan kecanduan.

Professor clinical psychiatry di UCLA, Daniel Siegel, dalam bukunya “The Developing Mind” mengatakan hubungan emosional yang intim dengan orangtua memiliki pengaruh yang besar terhadap perkembangan otak anak. Memungkinkan anak tumbuh menjadi orang dewasa yang memiliki kemampuan untuk mengelola dirinya secara sehat dan terhindar dari kemungkinan kecanduan. Hubungan emosional yang intim tersebut tentu hanya dapat terbentuk bila ada komunikasi dua arah yang berkelanjutan antara anak dan orangtua. Untuk itu, orangtua perlu secara kontinu meluangkan waktu yang cukup bagi anak.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *