Sehat di Masa Kehamilan

Masa kehamilan merupakan masa yang spesial dimana dalam tubuh sang ibu, sebuah kehidupan baru mulai berdenyut dengan perlahan tapi pasti. Masa yang spesial ini  tidak jarang menjadi awal baru bagi orangtua. Setidaknya terdapat dua perubahan yang sangat penting untuk terjadi agar ibu dan janin tetap sehat, yaitu perubahan pola hidup menjadi lebih aktif secara fisik dan perubahan pola makan ke arah yang lebih sehat.

 

Pola Hidup Aktif

Pola hidup yang aktif memberikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan ibu dan janin, dan menjadi modal yang besar bagi orangtua untuk mengajarkan pola hidup aktif kepada anak nantinya. Misalnya, dengan memilih menggunakan tangga dibandingkan lift atau tangga jalan ketika berjalan-jalan di pusat perbelanjaan. Selain itu, juga mulai membiasakan melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki, menari, berenang, yoga ataupun low-impact aerobic selama minimal 30 menit tiap harinya.

 

Pola Makan Sehat

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa segala hal yang diasup ibu hamil juga akan diasup oleh janinnya. Nutrisi yang masuk ke dalam tubuh ibu pada masa kehamilan, dan sebelum masa kehamilan, merupakan bahan dasar utama yang digunakan oleh janin untuk berkembang. Oleh sebab itu, sangat penting bagi ibu hamil untuk menjaga asupannya karena hal tersebut akan dapat mempengaruhi pola makan anak nantinya.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *