Gemar Membaca

Kecintaan membaca merupakan salah satu fakfor kesuksesan anak. Sayangnya masih sedikit orang tua yang menyadari dan menumbuhkan kecintaan membaca pada anak. Orang tua berpikir dengan menyediakan banyak bacaan  dapat menumbuhkan kecintaan membaca anak. Padahal kunci pertama dan terutama dalam menumbuhkan kecintaan membaca anak adalah dengan membacakan cerita bagi anak secara rutin dan sistematis. Ketersediaan buku yang bervariasi akan berdampak positif bila kecintaan membacanya sudah muncul.

 

Anak membutuhkan orang tua untuk menjembatani dengan membacakan buku. Dengan membacakan, orang tua memperkenalkan kata-kata baru. Namun tujuan utama membacakan adalah membangun kecintaan membaca pada anak, bukan untuk membangun pengetahuan anak. Setelah ada kecintaan membaca, barulah pengetahuan terbangun. Urutan tersebut tidak dapat dibalik. Dan kecintaan membaca umumnya terbangun dari buku cerita.

 

Mengapa buku cerita bagi anak lebih baik dibandingkan buku pengetahuan? Buku cerita lebih menyentuh hati dibandingkan pengetahuan sehingga kesan yang ditinggalkannya pun lebih dalam dan membekas lebih lama. Selain itu, membacakan buku cerita menolong anak lebih siap mengarungi hidup, karena berbagai cerita pengalaman yang dapat inspirasi nilai hidup, misalnya keberanian dan keteguhan hati dalam menghadapi kesulitan. Lagipula, cepat atau lambat, anak pasti akan bertemu dengan buku pengetahuan di sekolah, namun belum tentu anak dapat bertemu dengan buku cerita yang dapat menanamkan nilai-nilai hidup, di sekolah.

Beberapa Pedoman Membacakan Untuk Anak

  1. Jangan dipaksakan. Jadikan membacakan sebagai sesuatu yang menyenangkan.
  2. Jangan terpaku pada teks atau tulisan.
  3. Usahakan agar kegiatan membacakan tersebut bersifat interaktif, tanyakan pendapat anak dengan sedikit pertanyaan, sehingga tidak menimbulkan persepsi pada anak bahwa tujuan orang tua membacakan buku adalah untuk menguji dirinya.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *