Ayo Bermain! #Cara Mendidik Anak

Kegiatan bermain merupakan salah satu aktivitas yang sangat penting bagi anak karena kegiatan tersebut membukakan pintu untuk banyak sekali hal positif bagi anak. Bermain merupakan sarana bagi anak untuk melepaskan kekesalan ataupun ketegangan.  Selain itu, bermain juga merupakan sarana untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak.

Bermain juga memberi kesempatan pada anak untuk melatih interaksi sosial dan membangun persahabatan. Ketika bermain, anak belajar untuk saling mempercayai, belajar tentang batasan dalam interaksi sosial, belajar bergiliran, belajar cara menyampaikan pendapat, belajar mendengarkan orang lain, belajar menaati peraturan permainan, dan lain sebagainya.

Sayangnya, di era media elektronik saat ini, banyak orangtua yang mengijinkan anaknya untuk menghabiskan sebagian besar waktu luang mereka di depan layar, baik layar televisi ataupun komputer. Walaupun kegiatan tersebut merupakan bagian yang sulit dipisahkan dari kehidupan modern, namun orangtua perlu menyadari bahwa ketika anak-anak berada  di depan layar, mereka hanya mengalami sebagian kecil dari kegiatan bermain.

Oleh karena itu, alangkah baiknya bila orangtua membangun budaya bermain dalam keluarga. Semakin sering orangtua bermain bersama anak, semakin kuat budaya bermain tertanam sebagai tradisi keluarga. Bila bermain dengan balita, selain bersikap proaktif, orangtua juga perlu mengambil posisi sebagai “pemimpin” yang memilihkan jenis permainan yang sesuai dengan tingkat perkembangan anak, serta menjelaskankan dan mengingatkan akan peraturan permainan dengan kosa kata yang sederhana yang mudah dimengerti dan diterima anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*

*