Balita Dan Tontonan Elektronik #Cara Mendidik Anak

Di masa modern ini, tontonan elektronik merupakan bentuk hiburan yang tidak terpisahkan dari kehidupan anak-anak. Anak dalam kelompok usia yang berbeda, memiliki preferensi konten tontonan yang berbeda. Contohnya, anak yang berusia 7 tahun umumya lebih menyukai tontonan dengan konten petualangan yang banyak aksi. Bagaimanakah tontonan yang sesuai bagi kelompok usia balita?

Anak Usia 0 – 2 tahun

Umumnya sudah dapat menunjukkan ketertarikan dan preferensi yang spesifik pada suara manusia yang beritme agak lambat dan intonasi yang agak dilebih-lebihkan (motherese). Umumnya menyukai obyek visual yang bergerak dengan warna yang terang dan kontras.

 Anak Usia 2 – 5 tahun

Umumnya anak mulai memperhatikan konten tontonan dan lebih mampu untuk berlama-lama menonton TV dibandingkan sebelumnya, mempercayai bahwa semua yang ditontonnya adalah realita. Ketika tokoh favoritnya muncul di televisi, ia kemudian melambaikan tangan atau berusaha menyentuh televisi untuk memegang tokoh tersebut. Pada usia ini anak cenderung lebih menyukai tontonan dengan tokoh yang usianya sebaya dengannya ataupun tokoh fantasi dengan karakter yang mudah dipahami serta berbentuk benda atau hewan yang mudah mereka kenali seperti anjing Goofy atau kereta api Thomas. Selain itu, mereka juga lebih menyukai tontonan dengan setting yang sering mereka jumpai, seperti setting rumah, taman bermain, ataupun sekolah, karena lebih mudah untuk mereka cerna.

Sudahkah tontonan anak anda sesuai dengan karakter usianya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*

*