Membangun Kreativitas Balita #Cara Mendidik Anak

Setiap orangtua pasti menginginkan anaknya kreatif. Namun, tidak jarang orangtua bingung bagaimanakah cara membangun kreativitas dalam diri anak, terutama ketika ia sedang dalam masa balita yang dikenal sebagai the golden years of growth?

Hal pertama yang dapat dilakukan oleh orangtua adalah tidak memaksakan percakapan yang prematur tentang apa yang akan dibuat anak, ketika ia sedang menggambar, bermain lego, ataupun melakukan kegiatan bermain lain yang melibatkan pemikiran kreatif, anak sangat mungkin tidak sedang ingin “membuat” apa pun, melainkan hanya ingin sekedar mengeksplor beberapa ide kreatifnya tanpa ingin menghasilkan suatu produk akhir.

Hal kedua yang dapat dilakukan oleh orangtua adalah ikut bermain dengan anak sambil mendengar dan mengamati apa yang anak katakan atau lakukan, tanpa memaksakan ide ataupun pemikiran orangtua ke dalam kegiatan bermain tersebut.

Hal ketiga yang dapat dilakukan oleh orangtua adalah berusaha untuk memiliki pikiran yang terbuka terhadap ide-ide anak dan tidak memaksakan ide atau pemikirannya kepada anak. Dengan demikian, anak tidak akan merasa bahwa ide yang dimilikinya aneh dan tidak dapat diterima oleh lingkungannya. Misalnya, ketika anak balita sedang menari bebas, akan lebih menolong anak bila ia dibiarkan mengeksplor berbagai jenis gerakan dalam tariannya, tanpa secara prematur diajari tentang struktur tarian.

 

Dengan demikian, jelaslah bahwa ternyata orangtua memiliki peran yang sangat penting dalam membangun kreativitas anak balita. Mari luangkan waktu dan berusaha untuk mengembangkan benih kreativitas anak kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*

*