Mengenali Pola Asuh Anda

Pengasuhan anak merupakan sesuatu yang bersifat dinamis karena seiring dengan bertambahnya usia & tingkat kematangan anak sehingga pola asuh perlu dimodifikasi terus agar sesuai dengan tingkat kedewasaan anak. Namun, dalam konteks pengasuhan anak ada satu hal yang sulit untuk dimodifikasi, yaitu kecenderungan temperamen dasar orangtua.

Menurut Levine, ada tiga kelompok pola pengasuhan yaitu :

Attacher

Orangtua Attacher umumnya emosional dan dalam menjalankan perannya cenderung berfokus pada orang, image merupakan isu yang penting. Dalam meresponi kecenderungan tersebut, orangtua Attacher perlu belajar untuk mengelola perasaannya dengan baik.

Detacher

Orangtua Detacher cenderung didominasi oleh aktivitas kognitif dan cenderung memahami dunianya melalui proses berpikir. Mereka bergantung pada pemikiran yang logis dan rasional dalam mengasuh anak serta memiliki kebutuhan yang tinggi akan keberadaan alternatif/pilihan untuk memperoleh rasa aman.

Defender

Orangtua Defender cenderung mengandalkan intuisi umumnya mereka memiliki kebutuhan yang besar akan otoritas. Mereka juga sangat membutuhkan penghargaan dari orang lain, sehingga mereka sangat mudah tersinggung bila merasa tidak didengarkan.

Orangtua perlu belajar mengenali kecenderungan pola pengasuhannya, agar dapat memikirkan cara terbaik untuk berinteraksi dengan anak secara proaktif. Sebenarnya dalam diri tiap orangtua selalu ada ketiga pola pengasuhan tersebut, namun salah satunya lebih dominan. Komposisi dari ketiga pola tersebut dapat bergeser bila orangtua mengalami tekanan yang besar ataupun bila berada dalam situasi yang sangat nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*

*