Pola Asuh Sesuai Kecenderungan Anak #Cara Mendidik Anak

Dalam membesarkan anak, orang tua harus berusaha mengenali kecenderungan bawaan anak agar dapat meminimalkan konflik orang tua – anak dan membuat hubungan orang tua- anak lebih harmonis. Salah satu panduan yang banyak dipakai untuk mengerti tentang berbagai kecenderungan manusia adalah Myer-Briggs Type Indicator (MBTI) yang membagi kecenderungan sebagai berikut :

Kecenderungan dalam memperoleh energi : Extrovert (E) vs Introvert (I)

Anak dengan kecenderungan extrovert memperoleh energinya dari bersosialisasi dengan orang lain dan umumnya senang menjadi pusat perhatian. Sedang anak introvert memperoleh energinya dari waktu menyendiri dan umumnya lebih banyak mendengar.

Kecenderungan dalam mengelola informasi : Sensing (S) vs Intution (N)

Anak dengan kecenderungan sensing biasanya dalam mengelola informasi berorientasi pada fakta yang ada saat itu, sedang anak dengan kecenderungan intuition dalam mengelola informasi berorientasi pada kemungkinan di masa depan.

Kecenderungan dalam mengambil keputusan : Thinking (T) vs Feeling (F)

Anak dengan kecenderungan thinking umumnya sering menilai secara “hitam-putih” dan lebih mengedepankan logika dalam mengambil keputusan. Sebaliknya, anak dengan kecenderungan feeling biasanya lebih mengedepankan hubungan yang harmonis dengan orang lain.

Kecenderungan dalam menjalani hidup : Judging (J) vs Perceiving (P)

Anak dengan kecenderung judging menyukai kehidupan yang terstruktur dan mengutamakan penyelesaian suatu tugas ataupun sesuatu yang telah ia mulai. Sedang anak dengan kecenderungan perceiving biasanya lebih menyukai kehidupan yang fleksibel dan spontan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*

*